Blogger Diminta Ikut Turun Ke Lapangan Untuk Bantu Atasi Masalah Sosial

JAKARTA, KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Z Soeratin mengatakan, artikel-artikel yg dibuat oleh para blogger bisa menjadi bahan berbagi mengenai berbagai isu, termasuk dalam aspek sosial.

Menurut Harry, tulisan-tulisan di forum blogger sebaiknya menggugah masyarakat yg membacanya bagi berbuat lebih baik.

Agar mampu mendapatkan pemahaman yg lebih dalam buat bahan tulisan, kata dia, para blogger diminta terjun segera ke lapangan.

“Pesan kami, mencoba tak cuma ke atas, turunlah ke bawah. Coba blogger lihat ke lapangan langsung,” ujar Harry dalam acara “Kompasianival” di Gedung Smesco, Jakarta, Sabtu (8/10/2016).

Harry mengatakan, mungkin tak banyak yg mengetahui segala permasalahan sosial di Indonesia dan langkah penanganannya.

Mengenai anak terlantar, misalnya, jumlahnya jauh lebih banyak dari yg diekspos oleh media massa.

Peran blogger melalui citizen journalism dapat melengkapi media massa tersebut. Penulis blog mampu melaporkan masalah-masalah sosial yg ditemuinya di lapangan agar pemerintah juga “melek” terhadap permasalahan itu.

“Lewat foto dan handphone, share ke kami, dan kita bersiap terbuka,” kata Harry.

Di sisi lain, pemerintah sudah menyiapkan berbagai program buat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan bantuan media dan blogger, bantuan itu diharapkan mampu lebih merata dan menjangkau hingga ke tempat yg jarang disentuh tersebut.

Harry mengatakan, salah sesuatu pengalamannya dengan blogger yakni ketika mendapat masukan mengenai situasi yg terjadi di daerah Garut, Jawa Barat. Masukan tersebut menjadi perhatian penuh Kemensos dan mulai ditindaklanjuti.

“Kita sebagai generasi Y, di lingkungan kami masih banyak generasi yang lain yg perlu diperhatikan,” kata Harry.

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2016/10/08/15352561/blogger.diminta.ikut.turun.ke.lapangan.untuk.bantu.atasi.masalah.sosial

Leave a Reply