Dua Tahun Jokowi-JK, Setya Novanto Puji Infrastruktur Dan Kritik Kemaritiman

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto menilai, kinerja pemerintahan Joko WidodoJusuf Kalla dalam pembangunan infrastruktur sangat baik.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur tidak lagi “Javasentris” dan sudah merata di segala daerah di Indonesia.

Ia berharap, pembangunan infrastruktur di berbagai daerah langsung selesai sehingga mampu saling terhubung dan menciptakan akselerasi pertumbuhan ekonomi.

“Program pembangunan khususnya infrastruktur di darat, air, dan udara serta infrastruktur lainnya seperti listrik yg memakai uang rakyat, telah tak lagi Javasentris karena pembangunan tersebut menyebar di semua daerah,” ujar Novanto, melalui informasi tertulis, Rabu (19/10/2016).

Apresiasi yg sama diberikannya atas kinerja di bidang kesehatan dan pendidikan.

(Baca: Klaim Capaian Kemendagri di Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK)

Sementara, dalam bidang politik, Novanto menilai Jokowi dapat mengharmonisasikan hubungan pemerintah dengan parpol-parpol.

Namun, ia mengkritik salah sesuatu kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti soal moratorium kapal ikan.

Menurut Setya, ketika berkunjung ke Maluku yg dikenal sebagai lumbung ikan nasional, ia menampung “curhat” masyarakat perihal moratorium kapal ikan.

Kebijakan ini mengakibatkan banyaknya kapal ikan yg menganggur sehingga berdampak pada berkurangnya produksi ikan di Maluku yg sebelumnya mencapai 1,5 juta ton per tahun, kini cuma 500 ribu ton per tahun.

“Sebelumnya, produksi ikan di Provinsi Maluku terutama di Tual sangat besar. Maluku dikenal sebagai eksportir ikan hingga ke manca negara terutama Amerika Serikat. Namun akibat dari kebijakan moratorium itu, terjadi juga penurunan ekspor ikan ke luar negeri,” kata dia.

(Baca: Sekjen PAN Apresiasi Kepemimpinan Jokowi-JK, tetapi…)

Novanto berjanji mulai mengatakan keluhan tersebut kepada pihak pemerintah, terutama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

“Saya percaya pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi yg pro-rakyat, mulai memperhatikan keluhan masyarakat,” kata dia.

Kompas TV 2 Tahun Memimpin, Kenerja Jokowi-JK Jadi Sorotan

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2016/10/20/06071951/dua.tahun.jokowi-jk.setya.novanto.puji.infrastruktur.dan.kritik.kemaritiman

Leave a Reply