Fahri Hamzah Sarankan Jokowi Undang Pendemo

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah menyarankan agar Presiden Joko Widodo menemui pendemo yg mulai berunjuk rasa pada Jumat (4/11/2016).

Jika tak mau turun ke jalan, setidaknya Jokowi dapat mengundang sejumlah perwakilan pendemo ke Istana bagi mendengarkan aspirasi mereka secara langsung.

“Santai saja. Enggak perlu takut dong, dia kan Presiden seluruh orang,” kata Fahri di Jakarta, Rabu (2/10/2016).

“Presiden paling aman kemana-mana dikawal dan miliaran duit pengamanan itu. Enggak perlu khawatir,” tambah dia.

Fahri pun mengkritik sikap Jokowi yg cuma mengundang pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah ke Istana pada Selasa dulu bagi membahas mengenai demo 4 November.

Padahal, lanjut dia, harusnya ormas yg mulai berdemo yg diundang.

(Baca: SBY Mengaku Dapat Informasi Intelijen soal Demo 4 November, Ini Kata Wakapolri)

“Presiden harusnya rileks dan beri kesempatan. Jangan ah, itu enggak perlu didengar, yg ini saja yg perlu didengar. Yang ini moderat, yg ini enggak,” kata Fahri.

Oleh karena itu, lanjut Fahri, sebaiknya Presiden menemui segera pendemo yg berunjuk rasa di depan Istana Kepresidenan, Jumat besok.

Di depan para pendemo itu, ia meminta Presiden juga memberikan pernyataan sikap yg tegas bahwa tidak ada intervensi dalam proses hukum masalah penistaan agama yg dituduhkan ke calon Gubernur DKI Jakarta Nomor Urut 2 Basuki Tjahaja Purnama.

“Kalau Presiden dapat bilang tak mulai melindungi Ahok itu dapat meredam keadaan,” ucap Fahri yg rencananya juga mulai ikut serta dalam aksi unjuk rasa.

Sebelumnya, Sekretaris Umum Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyarankan Presiden Joko Widodo juga bersilaturahim dengan Imam Besar Front Pembela Islam Rizieq Shihab.

Saran itu disampaikan segera oleh Mu’ti kepada Jokowi ketika rapat di Istana bersama pimpinan Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Selasa (1/10/2016).

(Baca: Sekretaris Muhammadiyah Membisiki Jokowi agar Temui Rizieq Shihab)

“Saya tadi malah sempat membisikkan ke Presiden sebaiknya Presiden juga bersilaturahim dengan Habib Rizieq sebagaimana beliau telah bersilaturahmi dengan Prabowo,” kata Mu’ti.

Kompas TV Presiden Minta Nasihat kepada Tiga Ormas Islam

 

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2016/11/03/07452901/fahri.hamzah.sarankan.jokowi.undang.pendemo

Leave a Reply