Google Hapus Utang “Rp 1,4 Miliar” Bocah 12 Tahun

KOMPAS.com – Slogan “don’t be evil”Google kali ini tercermin lewat keputusannya. Perusahaan mesin pencari itu tidak mau jahat pada bocah 12 tahun yg terjerat utang AdWords.

Google malah memutihkan utang senilai 112.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar tersebut.

Adalah Jose Javier, remaja beruntung yang berasal Spanyol yg mendapat pengampunan utang dari Google. Ini seluruh karena Javier masih di bawah umur dan terbukti salah paham atas perbuatannya.

Kehendak hati Javier adalah mengumpulkan duit dari setiap iklan yg muncul pada video band-nya, Los Saleros, di channel YouTube. Mekanisme ini biasa dikerjakan YouTuber lewat program AdSense.

Namun, Javier malah menandatangani kesepakatan di tool Ad’s Creator Google, , sebagaimana dilaporkan Quartz dan dihimpun KompasTekno, Senin (10/10/2016).

Tool itu digunakan bagi pihak yg ingin menaruh iklan di layanan Google, sehingga harus membayar ke Google tiap kali iklan diklik.

Agaknya banyak yg menekan iklan buatan Javier, sehingga tagihan iklannya dapat mencapai ratusan ribu dollar AS. Saat ditagih, orang tua Javier berkelit dan tidak mau membayar.

Baca: Hafal Password Bapak, Bocah Habiskan Rp 82 Juta

Kurang teliti soal verifikasi

Sang ibu, Inma Quesada mengatakan, Javier membuat kesepakatan iklan dengan Google tanpa sepengetahuan orang tua. Hal ini tidak benar sebab Javier masih di bawah umur.

Selain itu, Quesada menggarisbawahi sistem Google yg kurang teliti dari segi verifikasi. Pasalnya, Javier hanya memasukkan nama dan nomor tabungan keluarganya bagi membuat iklan.

Tak ada konfirmasi identitas pemilik akun setelahnya. Hal ini, kata Quesada, mempermudah aksi para pencuri bagi membobol akun siapa saja demi mempromosikan satu lewat layanan Google.

Google akhirnya menyelidiki masalah Javier dan menetapkan menghapus segala utang Javier. Hal tersebut disampaikan lewat pernyataan resmi sang raksasa teknologi.

“Kami tidak menerima uang sedikit pun dari pengguna ini (Javier) dan kalian menghapus seluruh tagihan AdWords-nya,” kata juru bicara Google.

Ke depan, Google berharap para orang tua mengecek laman Safety Center bagi mencegah anak-anak mereka membuat kekeliruan.

Baca juga: Pajak Saja Tembus Triliunan Rupiah, Google Dapat Duit Dari Mana?

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/10/10/15160067/google.hapus.utang.rp.1.4.miliar.bocah.12.tahun.

Leave a Reply