ICW: Korupsi Pemilihan Rektor Pintu Masuk Untuk Korupsi Lainnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz menganggap korupsi dalam pemilihan rektor perguruan tinggi termasuk dalam 12 modus yg terjadi dalam sektor pendidikan.

Ia mengatakan, permainan dalam pemilihan tersebut dijadikan pintu masuk buat pemegang kuasa buat melakukan praktik korupsi yg lebih luas.

“Korupsi pemilihan rektor pintu masuk bagi korupsi lainnya. Dia mengambil posisi ini dahulu bagi mengunci sektor lain,” ujar Donal dalam diskusi “Populi Center Smart FM” di Jakarta, Sabtu (29/10/2016).

(baca: KPK Usut Dugaan Korupsi Pemilihan Rektor Sejumlah PTN)

Donal mengatakan, anggaran bagi pendidikan salah sesuatu sektor tertinggi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016, yakni Rp 424 triliun.

Berdasarkan data ICW, sektor pendidikan yaitu salah sesuatu sektor tertinggi terjadinya tindak korupsi.

“Ini kan ironis, kalau kami lihat sangat mampu ditebak kalau melihat teori korupsi di mana ada uang, potensi korupsi makin besar,” kata Donal.

(baca: KPK: Dugaan Korupsi Pemilihan Rektor Biasanya di Universitas Beraset Besar)

Korupsi yg mampu lahir sebagai dampak permainan pemilihan rektor antara yang lain dalam pengadaan barang dan jasa, penjualan aset perguruan tinggi, penerimaan mahasiswa, dan juga penyalahgunaan wewenang dalam pemilihan jajaran di bawahnya seperti dekan-dekan fakultas.

Belum lagi praktik pungutan liar yg dikerjakan oknum akademisi di perguruan tinggi itu.

(baca: KPK Akan Kaji Hak Suara Menteri Sebesar 35 Persen dalam Pemilihan Rektor)

Setidaknya ada 37 perkara menyangkut perguruan tinggi yg ditangani aparat penegak hukum. Rata-rata kasusnya terkait pengadaan fasilitas dan pembangunan infrastruktur.

“Pengadaan barang dan pembangunan itu bukan pada kebutuhan kampus, tetapi apa yg diinginkan pengambil keputusan,” kata Donal.

Biasanya, kata Donal, rektor yg melakukan permainan uang dalam pemilihan itu, telah “ditandai” oleh pihak tertentu.

Pengusaha sektor barang dan jasa yg ingin menawarkan proyeknya mengincar perguruan tinggi yg rektornya dapat diajak kongkalingkong.

“Apalagi kalau orangnya terafiliasi partai tertentu. Ada benang merahnya kalau mau masuk ke kampus ini, tinggal didekati,” kata Donal.

Kompas TV Mantan Rektor UNAIR Resmi Tersangka

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2016/10/29/10440251/icw.korupsi.pemilihan.rektor.pintu.masuk.untuk.korupsi.lainnya

Leave a Reply