Ini Keterangan Istri Irman Gusman Soal Pemindahan Uang Ke Plastik

JAKARTA, KOMPAS.com — Istri mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman, Liestyana Rizal Gusman, diperiksa selama tujuh jam di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Selama di hadapan penyidik KPK, Liestyana mengaku dikonfirmasi terkait kejadian pada ketika petugas KPK melakukan operasi tangkap tangan di kediamannya.

“Soal uang itu ditanyakan kepada aku karena Pak Irman tak tahu apa yg diberikan,” ujar Liestyana seusai diperiksa di Gedung KPK.

Awalnya, menurut Liestyana, petugas KPK yg mendatangi kediamannya meminta agar bungkusan berisi uang tersebut diserahkan.

Mendengar permintaan tersebut, Irman memerintahkan istrinya bagi mengambil bungkusan yg sudah dipindahkan ke ruangan atas.

Setelah menemukan bungkusan tersebut, Liestyana membukanya dan melihat bahwa bungkusan tersebut berisi sejumlah uang.

“Memang aku buka bungkusnya, dulu aku lihat benar uang, dan itu kan bungkusnya robek berantakan, uangnya pada berjatuhan,” kata Liestyana.

Setelah itu, karena terburu-buru dan merasa panik ketika Irman diancam bagi diborgol, menurut Liestyana, dia mengambil plastik dan membungkus kembali uang tersebut.

Selanjutnya, uang tersebut diserahkan kepada petugas KPK. (Baca: KPK Sita Rp 100 Juta dari Kamar Irman Gusman)

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif memastikan bahwa uang yg ditemukan penyidik KPK di kamar rumah dinas Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Irman Gusman sudah diketahui sebelumnya oleh pemilik rumah, yakni Irman.

Sebab, ketika ditemukan oleh penyidik KPK, pembungkus yg digunakan buat menyimpan uang sudah berganti.

Menurut Syarif, ketika terjadi penyerahan, bungkusan berisi uang tersebut diletakkan oleh istri Irman ke dalam kamar tidur.

Bungkusan tersebut awalnya terbungkus rapi, tapi ketika ditemukan oleh penyidik KPK, uangnya telah berada di dalam kantong plastik putih.

“Jadi, pasti telah diketahui bahwa bungkusan yg diterima adalah uang. Di samping itu, penyidik KPK pasti telah memiliki info matang sebelum bergerak ke rumah IG,” ujar Syarif melalui pesan singkat, Minggu (18/9/2016).

(Baca juga: KPK Pastikan Irman Gusman Tahu Bungkusan Berisi Uang)

Kompas TV KPK Periksa Irman Gusman soal Kuota Gula Bulog

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2016/10/11/17421941/ini.keterangan.istri.irman.gusman.soal.pemindahan.uang.ke.plastik

Leave a Reply