Jaksa Agung Sudah Siapkan Tim Peneliti Kasus Ahok

JAKARTA, KOMPAS.com – Jaksa Agung Muhammad Prasetyo berharap proses hukum terhadap Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mampu cepat rampung.

Kejaksaan Agung sudah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) perkara Ahok.

Bahkan, ia sudah menunjuk tim jaksa buat meneliti berkas kasus yg bakal diserahkan penyidik Bareskrim Polri.

(Baca: Ahok Diperiksa sebagai Tersangka pada Selasa Depan)

“Sudah ditentukan, bahkan ketuanya telah aku tunjuk itu Direktur Oharda, Pak Ali Mukatono,” ujar Prasetyo di kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (18/11/2016).

Prasetyo mengaku sudah berkoordinasi dengan Polri mengenai penyidikan tersebut. Ia meyakini proses penyidikan dapat cepat karena dari gelar kasus yg dikerjakan Selasa (15/11/2016) dahulu telah dibeberkan bukti-buktinya.

“Sekarang kurang apalagi? Bahkan di penyelidikan segala ahli telah dimintai keterangan, saksi fakta telah dimintai keterangan, begitupun juga para pihak, semuanya terbuka di sana,” kata Prasetyo.

Saat ini, kejaksaan tinggal menunggu penyelesaian berkas perkara. Polisi menargetkan penyidikan rampung dalam waktu tiga minggu setelah penyidikan dimulai.

Nantinya tim jaksa tinggal meneliti apakah bukti-bukti tersebut telah cukup atau perlu tambahan lagi.

(Baca: PBNU Apresiasi Langkah Polri Tangani Kasus Ahok)

“Tentunya kalian berharap mulai meringankan tugas kalian dalam penelitian berkas perkaranya buat dilimpahkan ke pengadilan. Biar hakim memutus seperti apa,” kata Prasetyo.

Penetapan tersangka terhadap Ahok diumumkan Rabu (16/11/2016). Sebelumnya, polisi melakukan gelar kasus terbuka terbatas yg dikerjakan di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Selasa (15/11/2016).

Dari hasil gelar perkara, polisi menetapkan melanjutkan penyelidikan masalah Ahok ke tingkat penyidikan.

Mantan Bupati Belitung Timur itu dijerat Pasal 156 huruf a KUHP tentang penistaan agama. Ahok juga dicegah bepergian ke luar negeri.

Kompas TV Wujudkan Pilkada yg Damai

 

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2016/11/18/17033311/jaksa.agung.sudah.siapkan.tim.peneliti.kasus.ahok.

Leave a Reply