Kabar Gembira, Penerbangan Langsung Jakarta-Banyuwangi Segera Dibuka

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan penerbangan segera (direct flight) Jakarta-Banyuwangi mulai langsung dibuka buat mempermudah mobilitas sehingga dapat menggerakkan perekonomian Banyuwangi.

Anas menjelaskan pihaknya sudah bertemu dengan CEO Sriwijaya Air, Chandra Lie, buat membahas rute segera Jakarta-Banyuwangi.

“Beliau menyambut antusias karena memang prospek pasarnya cukup bagus dengan melihat perkembangan Banyuwangi. Dengan adanya direct flight Jakarta-Banyuwangi dan sebaliknya, tentu pariwisata, dunia usaha, dan mobilitas orang mulai semakin cepat bagi menggerakkan perekonomian lokal,” ujar Anas kepada Kompas.com, di Banyuwangi, Sabtu (22/10/2016).

Ia menyampaikan selama ini, wisatawan baik nusantara maupun mancanegara yg berangkat dari Jakarta menuju ke Banyuwangi harus transit dahulu di Bandara Juanda, Surabaya, setelah itu baru menuju ke Banyuwangi.

Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bertemu dgn CEO Sriwijaya Air Chandra Lie (batik krem) di kantor punya Sriwijaya Air

Nantinya, dengan direct flight Jakarta-Banyuwangi, wisatawan maupun pebisnis, juga masyarakat umum mampu menghemat waktu karena pesawat mulai segera menuju ke Banyuwangi dari Jakarta.

Saat ini frekuensi rute Surabaya-Banyuwangi sudah mencapai tiga kali terbang per hari. Rencananya, per 30 Oktober 2016 bertambah menjadi empat kali terbang per hari.

Rute Jakarta-Banyuwangi, menurut Bupati Anas, diharapkan mampu terealisasi dalam waktu dekat ini. Tim dari pihak maskapai mulai langsung mengurus izin rute ke otoritas terkait, akan dari Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav) hingga Kementerian Perhubungan.

”Penerbangan tersebut telah dapat terealisasi karena secara teknis, ketebalan landasan Bandara Banyuwangi sudah dapat didarati pesawat macam Boeing 737 seri 500,” ujarnya.

Salah sesuatu alasan adanya rute Jakarta-Banyuwangi adalah karena kenaikan jumlah penumpang di Bandara Banyuwangi sangat signifikan. Tercatat penumpang melonjak hingga 1.308 persen dari cuma 7.826 penumpang (2011) menjadi 110.234 penumpang (2015).

Hingga Agustus 2016, bandara tersebut sudah melayani lebih dari 71.000 penumpang. ”Sampai akhir tahun, total jumlah penumpang diprediksi sedikitnya 120.000 orang,” pungkasnya.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/22/160900027/kabar.gembira.penerbangan.langsung.jakarta-banyuwangi.segera.dibuka

Leave a Reply