Kemenkumham Buka Kunjungan Serentak 100.000 Narapidana

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Hukum dan HAM membuka kunjungan untuk narapidana secara serentak di segala lapas dan rutan se-Indonesia.

Acara bertema “Sehari Bersama Mereka” dikerjakan sebagai rangkaian peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) yg jatuh pada 30 Oktober 2016.

Kegiatan itu diikuti sekitar 100.000 warga binaan di 477 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan), Cabang Rutan, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Mereka terhubung secara segera melalui video dengan aplikasi Zoom.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan, kunjungan secara serentak ini berkorelasi dengan upaya reintegrasi sosial narapidana.

Keluarga yaitu unsur utama untuk narapidana bagi bisa kembali ke masyarakat.

“Narapidana tak lagi dianggap sebagai objek. Mereka yaitu subjek yg harus diperlakukan secara adil,” kata Yasonna di Lapas klas IIA Cipinang, Jakarta, Minggu (9/10/2016).

Yasonna menuturkan, dalam rangka mempersiapkan narapidana kembali ke masyarakat, lapas melaksanakan berbagai kegiatan seperti pembuatan lemari, tas, bola, dan sarung tangan softball.

Yasonna berharap, kunjungan dari keluarga mampu memberikan semangat dan introspeksi menjadi manusia baru yg beriman dan bertaqwa.

“Kegiatan ini jangan cuma seremonial, tetapi berikan kesempatan kepada narapidana dan keluarga agar tepat intim. Filosofi pemasyarakatan bukan lagi penjeraan, tetapi reintegrasi sosial,” ujar Yasonna.

Selain kunjungan serentak, Kemenkumham mulai mengirimkan 650 narapidana buat menolong masyarakat di lokasi banjir bandang di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kegiatan yg berlangsung pada 12-14 2016 Oktober itu berupa bakti sosial pembangunan Sekolah Luar Biasa Garut serta pembersihan Rumah Sakit Umum Garut dan fasilitas umum lainnya.

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2016/10/09/12325961/kemenkumham.buka.kunjungan.serentak.100.000.narapidana

Leave a Reply