Lombok Utara Menuju Destinasi Wisata Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com – Lombok Utara di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dicanangkan sebagai destinasi wisata dunia yg diharapkan dapat menarik lebih banyak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

“Lombok Utara sebagai pintu masuk penting ke NTB dicanangkan sebagai destinasi wisata dunia tepat pada HUT ke-8 Lombok Utara,” kata Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar dalam acara Gelar Seni Budaya Lombok Utara Putri Cilinaya yg digelar di Anjungan NTB Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (29/10/2016) malam.

(BACA: Gili Trawangan, Keliling Pulau Cantik Bebas Polusi)

Ia menyampaikan Lombok Utara memiliki potensi wisata alam dan budaya yg sangat unik akan dari destinasi wisata Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, Gunung Rinjani, hingga Danau Segara Anak.

Selain itu, banyak keunikan di Lombok Utara yg tak ditemukan di bagian dunia manapun sehingga layak mendorong Lombok Utara sebagai destinasi wisata dunia.

KOMPAS/KHAERUL ANWAR Pantai Tebing, Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Tebing pasir itu adalah ‘monumen’ letusan dahsyat Gunung Rinjani Tua atau Samalas tahun 1257.

“Ada karang biru yg yaitu karunia luar biasa untuk Lombok Utara, karena menurut riset yg pernah dilakukan, ‘blue coral’ cuma ada beberapa di dunia yakni di Karibia dan Lombok Utara. Ada air tawar di tengah laut juga ada di Lombok Utara,” katanya.

(BACA: Pantai Tebing, Jejak Letusan Gunung Samalas di Lombok Utara)

Ia menambahkan, dari sisi wisata sejarah, di Lombok Utara juga ada jejak peninggalan Jepang yakni Goa Jepang di Trawangan.

Lombok Utara sekaligus wilayah dengan tingkat toleransi yg tinggi sosial budayanya. “Polda NTB mengatakan penghargaan Lombok Utara sebagai kabupaten dengan angka kriminalitas terendah,” katanya.

Hal itu menjadi modal yg baik buat sektor pariwisata wilayah tersebut yg ditunjang dengan semakin banyaknya event seni dan budaya yg digelar di Lombok Utara.

Pihaknya mencatat ketika ini tingkat kunjungan wisatawan ke Lombok Utara mencapai 2.600 orang perhari atau naik 100 persen dibandingkan pada 2014.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Wisatawan mengunjungi air terjun Sendang Gile di kaki Gunung Rinjani, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu (27/1/2016). Sendang Gile menjadi salah sesuatu situs geologi Gunung Rinjani yg mendukung dijadikannya Gunung Rinjani sebagai taman bumi (geopark) dunia.

“Oleh karena itulah kalian menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan yg mulai selalu kalian kembangkan,” kata Najmul Akhyar.

Program-program promosi pariwisata pun selalu dikerjakan di antaranya gelar seni budaya Lombok Utara bertajuk Putri Cilinaya yg digelar di Jakarta yg diharapkan menjadi daya tarik tersendiri buat masyarakat ibukota bagi berkunjung ke Lombok Utara.

Pada kesempatan itu hadir sejumlah pejabat termasuk Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Farouk Muhammad, anggota DPR, dua Duta Besar negara sahabat, serta masyarakat umum.
Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/31/220300327/lombok.utara.menuju.destinasi.wisata.dunia

Leave a Reply