Mencatat Pakai Pulpen Dan Kertas, Bill Gates Dikagumi Miliarder

KOMPAS.com — Orang terkaya di dunia sekaligus pelopor perusahaan raksasa software Microsoft, Bill Gates, masih mencatat hal-hal utama di buku kecil. Pada meeting bisnis atau acara-acara formal, ia rajin membawa notes (buku catatan) dan pena.

Kebiasaan Gates dapat dibilang unik pada era sekarang, saat kebanyakan orang lebih merasa praktis mengetik hal-hal utama di smartphone atau tablet. Ternyata, kebiasaan itu juga masih melekat pada miliarder Richard Branson.

Branson mengemukakan kekagumannya terhadap Gates karena tetap mempertahankan cara lama yg telah ditinggalkan orang-orang modern zaman sekarang.

“Meski terkenal mulai kejeniusannya di dunia teknologi, Gates tak meninggalkan pulpen dan kertas,” kata Branson, sebagaimana dilaporkan CNBC dan dihimpun KompasTekno, Senin (21/11/2016).

Branson adalah pelopor Virgin Group yg yaitu perusahaan bernilai miliaran dollar AS. Beberapa ranah bisnis, akan dari industri rekaman, maskapai, telekomunikasi, hingga pariwisata, ada dalam portofolio Virgin Group.

Branson dan Gates, yg yaitu ikon pebisnis sukses di dunia, duduk bersama pada sebuah konferensi di London. Branson memperhatikan mimik Gates saat berpidato, dahulu ia tidak sanksi melontarkan pujian.

“Pada pidato penutupan, Gates mengeluarkan secarik kertas dari kantongnya,” Branson menuturkan.

“Saya terkesima melihat notes Gates yg telah terlipat dan tidak beraturan. Ia bahkan harus memperbaiki lipatan kertas pada notes-nya agar mampu membaca draf pidato,” kata Branson yg mengindikasikan kesederhanaan Gates.

Menolak lupa dengan kertas dan pulpen

Branson sendiri menekankan filosofi mencatat pada segala karyawan di perusahaan-perusahaannya. Menurut dia, ide-ide yg suka wira-wiri di kepala harus langsung dicatat agar tidak lupa.

Ia mengaku tiap tahun menghabiskan sekitar selusin notes tebal. Branson pun menyayangkan seandainya kini orang-orang telah malas mencatat.

“Sering kali ketika meeting, aku adalah satu-satunya yg mencatat dengan pulpen dan notes. Dari pengalaman saya, 99 persen pimpinan bisnis bahkan tidak mencatat (dalam rapat),” ia mengungkapkan.

Tentu saja, kata dia, tidak segala hal harus dituliskan ke catatan. Namun, ada hal-hal tertentu yg memang layak bagi diabadikan melalui tulisan.

Branson pun mengatakan, tulisan tangan tidak perlu melulu dituangkan di atas kertas. Pada era sekarang, iPad dan digital notepad telah dapat digunakan buat mencatat dengan pena digital sehingga tidak boros kertas.

“Yang terpenting, saat inspirasi datang, Anda harus menyimpannya,” ujarnya.

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/11/21/14150027/mencatat.pakai.pulpen.dan.kertas.bill.gates.dikagumi.miliarder

Leave a Reply