Menlu: 103 Jemaah Haji Indonesia Pengguna Paspor Filipina Sudah Di KBRI

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, ketika ini terdapat 103 warga negara Indonesia yg berada di Kedutaan Besar RI di Manila, Filipina. Mereka adalah jemaah yang berasal Indonesia yg baru saja melaksanakan ibadah haji memakai paspor Filipina.

“Untuk masalah haji yg kembali dari Tanah Suci melalui Manila, ketika ini telah terdapat 103 WNI yg berada di KBRI di Manila. Mereka pulang dari tanah suci melalui Manila memakai paspor Filipina bukan paspor indonesia,” ujar Retno ketika memberikan informasi pers di kantor Panglima TNI, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016).

Retno menjelaskan, pemerintah tengah berupaya buat memulangkan semua 103 jemaah haji yang berasal Indonesia tersebut. Menurutnya, proses pemulangan harus menunggu persetujuan dari Pemerintah Filipina terkait order of clearance (permintaan resmi terkait alur pemulangan) yg sudah diajukan Indonesia.

“Proses pemulangan sedang kita lakukan buat mendapatkan Order of Clearance. Begitu itu diberikan maka 103 WNI mulai langsung dipulangkan ke indonesia,” kata Retno.

(Baca: Tujuh WNI Kasus Pemalsuan Paspor Haji di Filipina Telah Dipulangkan ke Indonesia)

Badan Imigrasi Filipina sebelumnya memperkirakan sebanyak 6.700 jemaah haji yang berasal Filipina mulai kembali dari Mekkah ke Manila. Dari jumlah itu, 700 jemaah di antaranya adalah warga negara Indonesia.

Keberangkatan ratusan WNI ke Mekkah itu dikerjakan secara ilegal karena memalsukan identitas dengan memakai paspor Filipina.

Retno mengatakan, setiap anggota rombongan haji tersebut mulai diperiksa oleh otoritas setempat buat mengidentifikasi kesesuaian data jemaah.

(Baca: Menteri Agama Berharap 45 WNI Jemaah Haji Berpaspor Filipina Segera Dipulangkan)

Pada pertengahan September lalu, tim utusan Kemlu sudah melakukan meeting maraton dengan satuan tugas yg dibentuk pemerintah Filipina. Pertemuan itu membahas penanganan kembalinya jemaah haji.

Kedua negara sudah menyepakati alur penanganan jemaah haji yang berasal Indonesia setibanya di Manila. Diharapkan dengan alur tersebut, para jamaah haji bisa dideportasi ke Indonesia secepat mungkin.

Kompas TV Kasus Haji Berpaspor Filipina Jadi Sorotan

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2016/10/02/15292271/menlu.103.jemaah.haji.indonesia.pengguna.paspor.filipina.sudah.di.kbri

Leave a Reply