Menurut Roy, Pertanyaannya Soal Podium Merah Putih Tak Ada Tendensi Menyerang Siapa Pun

JAKARTA, KOMPAS.com – Politisi Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan, pertanyaannya terkait warna merah putih pada podium Presiden Joko Widodo ketika upacara Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10/2016) tak memiliki tendensi buat menyerang siapapun.

Roy menjelaskan, maksud dari pertanyaan yg diungkapkan melalui akun Twitter-nya itu, mempertanyakan aturan protokoler terkait penggunaan warna merah putih sebagai podium.

“Coba cek di tweet saya, aku tak menyalahkan siapapun pejabatnya yg ada di situ. Saya cuma mempertanyakan protokolnya seperti apa,” ujar Roy ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (4/10/2016).

Menurut Roy, banyaknya pertanyaan yg muncul dari masyarakat atas podium tersebut memicu inisiatifnya bagi meneruskan melalui akun Twitter pribadinya.

(Baca: Roy Suryo: Soal Podium Merah Putih Jokowi, Tak Ada Salahnya Saya Bertanya…)

“Kenapa baru aku tanya sekarang? Karena memang baru ramai di mailing list. Saya cuma menolong warga masyarakat yg bertanya. Tidak ada tendensi apapun,” kata dia.

Sebelumnya Roy mempertanyakan warna podium melalui akun Twitter-nya, @KRMTRoySuryo, Minggu (2/10/2016) malam.

 

(Baca: Istana Tegaskan Podium Merah Putih Jokowi Tidak Melanggar UU)

“Tweeps, Apa tak ada yang mengkoreksi Podium Upacara ini? Dasar Merah Putih?” tulis mantan Menteri Pemuda dan Olahraga era Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

Roy juga menyertakan tautan foto-foto Presiden Jokowi sedang dalam posisi hormat di atas podium berwarna merah dan putih.

Podium serupa ternyata juga sempat digunakan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhyono yg kini Ketua Umum Partai Demokrat dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di tempat yg sama pada tahun 2013.

Sementara itu, pihak Istana melalui Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Hadi Tjahjanto, menjelaskan, warna merah putih tak terus bendera.

Oleh karena itu, tidak persoalan seandainya podium berwarna serupa bendera dan dijadikan sebagai pijakan.

 

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2016/10/04/14162251/menurut.roy.pertanyaannya.soal.podium.merah.putih.tak.ada.tendensi.menyerang.siapa.pun

Leave a Reply