Pegawai Apple Store Dilaporkan Mencuri Foto Pelanggan Perempuan

KOMPAS.com – Jaringan toko Apple di Australia terlibat skandal memalukan berupa dugaan pencurian foto para pelangan wanita yg berkunjung ke sejumlah outlet ritel gadget tersebut.

Sejumlah pegawai agaknya memiliki hobi memotret para staf dan pengunjung wanita di toko, juga mencuri foto-foto dari ponsel yg dititipkan bagi diperbaiki.

Laporan Cnet yg dirangkum oleh KompasTekno, Jumat (14/10/2016), menyebutkan bahwa masalah tersebut terungkap setelah seorang staf mendapati teknisi toko Apple di Carindale, Brisbane, sedang membuka-buka ponsel pelanggan.

Foto-foto diberi ranking 1 hingga 10 berdasarkan penampilan orang dalam foto, lantas diedarkan ke sesama pegawai toko.

“Kami sedang menyelidiki pelanggaran kebijakan bisnis Apple di toko Carindale, di mana sejumlah pegawai sudah diberhentikan sebagai akibat dari temuan kami,” sebut Apple dalam sebuah pernyataan yg dirilis pekan ini.

Lebih dari 100 foto close-up dan foto vulgar dari para pegawai dan pengunjung wanita diduga sudah dicuri, tetapi Apple tak menjelaskan lebih lanjut mengenai konten dan luar penyebaran foto-foto dimaksud.

Pencurian foto ini disinyalir melibatkan sejumlah toko Apple yang lain di daerah Queensland dan Sydney. Sebanyak empat pegawai laki-laki dari toko di Carindale yg terlibat sudah diberhentikan.

Belakangan, Apple kembali mengeluarkan pernyataan bahwa kejadian tersebut tidak melibatkan pelanggan wanita di toko.

“Berdasarkan penyelidikan kita sejauh ini, tidak ditemukan bukti bahwa data dan foto pelanggan sudah ditransfer secara tak pantas, atau bahwa orang yang lain sudah dipotret oleh para mantan pegawai ini,” sebut Apple.

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/10/14/09485347/pegawai.apple.store.dilaporkan.mencuri.foto.pelanggan.perempuan

Leave a Reply