Pihak Ahok Batal Hadirkan Ahli Tafsir Dari Mesir

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok batal menghadirkan ahli tafsir dari Mesir.

Pengacara Ahok, Sirra Prayuna mengatakan, belakangan ahli tersebut menginformasikan bahwa dirinya berhalangan hadir.

“Saya dengar konfirmasi Beliau tak dapat hadir karena alasan keluarganya sakit,” ujar Sirra di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Sirra mengatakan, mulanya Ahok dan tim pengacara mendapat masukan dari tim sukses mengenai sejumlah nama ahli. Salah sesuatu yg direkomendasikan merupakan ahli dari Mesir.

Tim pengacara sama sekali tak membangun komunikasi dengan ahli tersebut. Selama ini, yg berhubungan segera dengan ahli tersebut adalah tim sukses Ahok.

Sirra menganggap absennya ahli dari Mesir tidak berpengaruh dalam gelar perkara.

“Untuk itu kalian juga tak memusingkan hal itu karena pemeriksaan ahli cukup banyak,” kata Sirra.

Dalam gelar masalah hari ini, pihak Ahok menghadirkan enam ahli dan tiga saksi fakta. Menurut Sirra, orang-orang yg mereka hadirkan cukup buat membeberkan informasi mereka dalam forum tersebut.

(Baca: Tim Ahok Hadirkan Enam Saksi Ahli dalam Gelar Perkara

Total saksi ahli yg dihadirkan pihak pelapor dan terlapor kurang lebih 20 orang. Mereka sebelumnya sudah dimintai informasi dalam proses penyelidikan di Bareskrim Polri.

(Baca: 20 Ahli Bakal Dihadirkan dalam Gelar Perkara Ahok)

Polisi juga mengundang pihak eksternal seperti Ombudsman, Komisi Kepolisian Nasional, dan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat RI sebagai pengawas. Dalam gelar masalah nanti, mereka cuma mengawasi jalannya acara tanpa dimintai masukannya.

Dari internal Polri mulai hadir Divisi Profesi dan Pengamanan, Inspektorat Pengawasan Umum, Biro Pengawas Penyidikan, dan penyelidik yg menangani masalah itu.

Nantinya para pelapor mulai menjelaskan poin gugatan mereka. Kemudian, para ahli yg hadir mulai memberikan tanggapannya.

Poin-poin yg dibahas dalam gelar kasus mulai dicatat dan dijadikan pertimbangan penyelidik buat menyimpulkan.

Rencananya, keputusan hasil gelar kasus diumumkan pada Rabu (16/11/2016) atau Kamis (17/11/2016).

Kompas TV Begini Mekanisme Gelar Perkara Kasus Ahok

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2016/11/15/09281581/pihak.ahok.batal.hadirkan.ahli.tafsir.dari.mesir.

Leave a Reply