Selasa Siang, SBY Jelaskan Soal Dokumen TPF Munir

JAKARTA, KOMPASa.com – Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono mulai menjelaskan polemik keberadaan dokumen tim pencari fakta (TPF) pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib.

“Hari ini, mulai disampaikan secara resmi oleh Pak SBY,” ujar Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat Didi Irawadi, melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (25/10/2016).

Rencananya, penjelasan SBY itu mulai disampaikan pada pukul 13.00 WIB di Pendopo Cikeas, Kabupaten Bogor, dekat kediaman SBY.

Namun, ketika ditanya tentang apa saja yg mulai disampaikan oleh SBY, Didi enggan mengungkap lebih jauh.

(Baca juga: Polemik Dokumen Laporan TPF Munir, Ini Kata SBY)

Di mana dokumen TPF?

Polemik keberadaan dokumen TPF Munir muncul setelah Komisi Informasi Pusat (KIP) menyatakan bahwa dokumen itu adalah keterangan publik dan harus diumumkan.

Pihak Sekretariat Negara menyatakan bahwa dokumen itu tak ada padanya. Dokumen itu tak tercatat di dalam daftar surat keluar atau masuk.

Presiden Joko Widodo pun memerintahkan Jaksa Agung Muhammad Prasetyo buat menelusuri keberadaan dokumen itu.

“Sehingga mampu ditelusuri lebih lanjut apakah ada novum (bukti baru) yg kemudian bisa ditindaklanjuti atau tidak,” ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Presiden, sebut Johan, sangat ingin masalah kematian Munir dituntaskan. (Baca: 

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Alexander Lay mengatakan, dia justru mengetahui dari media massa bahwa dokumen TPF Munir itu dipegang oleh Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

“Pak Sudi (Mensesneg era SBY, Sudi Silalahi) juga menyampaikan demikian bahwa yg menerima itu, Pak SBY, sejumlah eksemplar (TPF Munir),” ujar Alex.

(Baca: Jokowi: Kalau Ada Bukti Baru Kasus Munir, Ya Diproses Hukum)

Namun, Alex tidak mengetahui apakah pernyataan Sudi itu benar atau tidak. Kemensetneg juga belum berencana berkomunikasi dengan SBY terkait hal itu.

Jaksa Agung Prasetyo pun belakangan menyampaikan mulai berkomunikasi dengan SBY dalam rangka memenuhi instruksi Presiden mencari dokumen TPF itu.

“Terpaksa kita mulai menghadap Pak SBY,” ujar Prasetyo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (21/10/2016).

(Baca: Jaksa Agung Siap Sambangi SBY buat Cari Dokumen TPF Munir)

Kompas TV Kemana Hilangnya Dokumen TPF Munir?

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2016/10/25/11423341/selasa.siang.sby.jelaskan.soal.dokumen.tpf.munir

Leave a Reply