”Tek-tek-tek” Terdengar Dari Ban Saat Mobil Belok

Jakarta, KompasOtomotif — Jika bunyi ”tek-tek-tek” muncul di mobil Anda dengan frekuensi yang cepat pada bagian dalam ban mobil saat berbelok kanan-kiri, segera lakukan pengecekan. Kemungkinan besar, kaki-kaki mobil Anda sudah waktunya ”diopname”.

Bagian yang perlu dicek untuk gejala semacam itu adalah as roda, khususnya komponen constant velocity joint (CV joint). Bunyi ”tek-tek-tek” itu selalu muncul saat mobil belok kanan-kiri (tergantung bagian mana yang rusak), bahkan saat parkir dan berbelok pelan.

”Suara semakin nyaring dan cepat kalau beloknya dengan kecepatan agak tinggi. Tergantung kerusakannya juga. Kalau makin keras, berarti sudah harus dicek,” ucap Imam, ahli kaki-kaki mobil dari Jaya Per, di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

CV joint juga biasa disebut as kopel atau kopel as bagian luar (outher shaft). Komponen ini biasa digunakan untuk mobil berpenggerak roda depan yang berfungsi meneruskan putaran ke roda penggerak.

Imam mengatakan bahwa bagian yang berbunyi adalah bagian yang diindikasikan rusak. Misalnya, saat belok kanan, malah bagian kiri yang bunyi, atau sebaliknya. Bagian yang bunyi harus diperiksa.

”Biasanya karena faktor usia. Karet yang melindungi CV joint sudah sobek sehingga pelumasnya keluar. Karena tidak ada pelumasan, bagian yang bergerak makin lama makin aus karena air dan kotoran,” ujar Imam.

Biaya penggantian komponen ini bervariasi, bergantung pada model mobil. Namun, sebagai ancar-ancar, siapkan Rp 250.000-Rp 400.000 untuk komponen CV joint (satu sisi), belum termasuk ongkos pasang.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/09/23/170700915/.tek-tek-tek.terdengar.dari.ban.saat.mobil.belok

Leave a Reply